Hilangkan 10 Kata Ini Dalam Surat Lamaran Kerja.

Ketika Anda akan memulai untuk mencari pekerjaan, maka Anda harus menyiapkan sebuah Surat Lamaran Pekerjaan dengan cara seksama. Tidak sedikit orang-orang yang memang memiliki kualitas individu yang baik namun mereka dinyatakan gagal dalam memperoleh pekerjaan yang selama ini diimpikan hanya dikarenakan adanya kesalahan kecil yang terdapat di dalam Surat Lamaran Pekerjaan yang mereka buat. Lantas, hal apa saja yang harus diperhatikan dengan baik agar bisa menghindarinya?

Ilustrasi 
Agar Anda bisa menghindari hal tersebut terjadi, maka Anda harus memilih beberapa kata yang tepat yang akan Anda masukan ke dalam surat lamaran pekerjaan. 

Mengapa demikian? Sebab pemilihan kata yang tepat mampu menunjukkan pribadi Anda sejak awal. Berdasarkan sebuah riset yang telah dilakukan oleh banyak pihak, ada beberapa kata yang sangatlah umum digunakan oleh para pencari kerja dalam membuat surat lamaran kerja, dan untuk saat ini sebaiknya kata-kata tersebut harus bisa Anda hindari agar Anda bisa diterima bekerja di perusahaan yang selama ini Anda impikan. 

Dan berikut ini beberapa kata yang harus Anda hilangkan atau hindari ketika membuat surat lamaran kerja, yaitu sebagai berikut:
  1. Responsible (bertanggung jawab)
  2. Strategic (strategis)
  3. Creative (kreatif)
  4. Effective (efektif)
  5. Patient (sabar)
  6. Expert (ahli di bidangnya)
  7. Organizational (teratur)
  8. Driven (bisa dipimpin)
  9. Innovative (inovatif)
  10. Analytical (berkemampuan analisis)

Bukan hanya itu, dari sebuah riset yang telah dilakukan juga ditemukan kenyataan bahwa diantaranya banyak perusahaan yang menolak sebagian besar pelamar kerja hanya dikarenakan mereka menggunakan ke-10 kata tersebut di dalam surat lamaran yang mereka buat. Sebagai alasannya, sudah terlalu banyak orang yang menggunakan kata-kata tersebut dalam membuat surat lamaran pekerjaan, dan biasanya perusahaan tidak akan mencari atau tidak akan menerima karyawan yang memiliki kualifikasi yang pasaran yang memang dimiliki banyak orang.

Menurut ungkapan dari salah satu konsultan LinkdIn, Nicole Williams, para pencari kerja di luaran sana diharuskan untuk menunjukkan kelebihan yang memang mereka miliki sejak dari awal mereka melamar pekerjaan. 

Bagaimana caranya? Anda harus mencari beberapa padanan kata yang memang lebih jarang digunakan oleh banyak orang saat membuat Surat Lamaran Pekerjaan, hal tersebut guna mendeskripsikan maksud serta tujuan dari ke-10 kata-kata di atas. Atau bahkan, Anda juga bisa memilih alternatif yang lain dengan menggambarkan ke-10 kualifikasi individu di atas dengan beberapa gambaran kreatif atau bahkan foto diri Anda.


Itulah beberapa hal atau beberapa kata yang harus Anda hindari dalam pembuatan Surat Lamaran Pekerjaan yang memang telah marak digunakan oleh para pencari kerja. 

Jika memang Anda serius dalam mencari suatu pekerjaan, maka Anda juga harus benar-benar serius dalam membuat surat lamaran kerja, pilihlah beberapa kata yang memang sangatlah jarang digunakan oleh para pencari kerja dalam membuat surat lamaran, sebab hal ini mampu menunjukkan bahwa Anda merupakan seorang pelamar kerja yang tidak pasaran serta memiliki kemampuan yang tepat untuk bekerja di perusahaan tersebut.




Silahkan tinggalkan pertanyaan ataupun kritik dan sarannya dibawah ini.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post