Tips Nego Gaji Ketika Interview.

Negosiasi gaji biasanya terjadi ketika anda sudah memasuki tahap interview / wawancara kerja. Nego gaji biasanya hanya untuk level posisi diatas operator, namun demikian tidak sedikit petugas interview tetap menanyakan berapa besaran gaji yang kita inginkan walaupun kita akan dipekerjakan untuk level operator. Berikut Tips Nego Gaji Ketika Interview yang mungkin bisa Anda pelajari terlepas nantinya akan dpekerjakan di level operator atau diatasnya, dikutip dari Kompasiana.



1. Kadang ada perusahaan yg minta menyebutkan ‘harga’ saat melamar pekerjaan. Mau dibayar pas- pasan padahal ada kesempatan untuk dapat lebih banyak? Tunggu dulu, fokus pada kemampuan! Sebisa mungkin jangan terlalu fokus pada urusan gaji saat negosiasi. Lebih baik bicarakan juga kemampuan yang anda miliki. Katakan keahlian apa yang sobat siloker tawarkan pada perusahaan, benefit bagi perusahaan apa, gunakan portofolio sebagai bukti. Sesekali jual mahal perlu, asal  memang kompeten.


2. Riset dan analisa perlu banget! Pikirkan kebutuhan perusahaan apa, apakah anda bisa jadi solusi terbaik bagi perusahaan? Jadi bicaralah menggunakan data! Justru pewawancara senang melihat perjuangan untuk mendapatkn gaji sesuai kemampuan yang anda miliki.


3. Negosiasi bukan hanya untuk memburu gaji setinggi langit. Anda juga harus cerdas! Jika dapat gaji tinggi tapi waktu kita banyak habis untuk lembur di kantor dan nggak punya "me time"? mendingan pikir-pikir lagi, deh!


4. Kesalahan umum yang sering terjadi adalah menyetujui tawaran terakhir dari perusahaan. Alasannya?takut perusahaan menawarkannya pada orang lain. Kalau memang belum sesuai, gak ada salahnya minta waktu pada perusahaan untuk memikirkan tawaran akhir mereka.


5. Terakhir. Buatlah standar minimum gaji yang ingin Anda dapat! Hitunglah berapa uang yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan, menabung, dan investasi. Cari informasi range gaji, sobat siloker bisa dapatkan dari teman ngebolang, sekolah, atau senior yang bekerja di perusahaan yang anda lamar. Tapi ingat jangan sampaikan pertimbangan ini ke pewawancara, cukup simpan di kepala kita. Adanya standar minimum ini bermanfaat agar tidak langsung menolak gaji dibawah standar, bisa saja mereka memberikan tawaran yg lebih baik.


Itulah beberapa tips soal bernegosiasi gaji di waktu anda di wawancara kerja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.





1 Comments

Silahkan tinggalkan pertanyaan ataupun kritik dan sarannya dibawah ini.

  1. Artikel yang penuh inspirasi, dapat segera di coba. terima kasih admin untuk sharing informasinya.
    Mungkin bisa bermanfaat untuk yg lain "Cara Negosiasi Gaji Saat Interview" silahkan kunjungi
    http://carahrd.blogspot.co.id/2015/10/cara-negosiasi-gaji-saat-interview.html

    Salam.

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post