3 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat CV ( Curriculum Vitae ).

Banyak diantaranya para pencari kerja yang mengalami kegagalan dalam melamar pekerjaan yang memang benar-benar sesuai dengan kemampuan mereka, hal tersebut bukan dikarenakan mereka tidak memiliki potensi yang baik atau pun mereka tidak memiliki skill yang baik pula, namun hal tersebut dikarenakan oleh satu hal yang sangatlah sederhana namun dapat menentukan nasib seorang pencari kerja yaitu terkait dengan penulisan Curriculum Vitae (CV) yang salah atau tidak tepat sehingga tidak bisa membuat pihak pewawancara tertarik dengan CV yang para pelamar tersebut buat.

Curriculum Vitae (CV) merupakan satu dokumen sederhana yang sangatlah penting dan bisa memberikan dampak yang besara kepada setiap pelamar kerja. Karena CV dapat menentukan permulaan karir serta masa depan anda. Oleh karena itu, walaupun dokumen tersebut terkesan sangatlah sederhana, itu berarti anda tidak bisa membuatnya sembarangan.
Lantas, hal apa saja yang harus benar-benar diperhatikan dalam penulisan CV? Berikut beberapa hal yang harus anda hindari saat penulisan CV.Yaitu sebagai berikut:

1. Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca.

Jika anda sudah terbiasa menggunakan komputer dalam penulisan CV atau pun pembuatan surat lamaran kerja, sebaiknya anda menggunakan tulisan yang sewajarnya saja, misalnya anda dapat menggunakan tulisan “Tims New Roman.” Dalam penulisan CV atau surat lamaran kerja, sebaiknya anda jangan menggunakan tulisan-tulisan layaknya ada pada SMS misalnya singkatan. Pergunakanlah kata yang menarik namun masih dalam keadaan sopan serta resmi.

2. Pergunakanlah pas foto tampak depan.

Ketika anda melampirkan pas foto, ada baiknya anda menggunakan foto yang pormal namun menarik untuk dilihat. Jangan pernah anda melampirkan foto dengan angle dari atas sambil anda menggigit jari telunjuk anda seperti layaknya poto profil yang terdapat di facebook atau twitter anda, mungkin bagi sebagian orang hal tersbeut memang keren, namun tidak dengan pihak HRD yang akan melihat serta membaca CV yang anda kirimkan bersama dengan surat lamaran kerja juga beberapa berkas lainnya.

3. Pergunakan kalimat yang efektif.

Pihak HRD yang anda tuju pastinya bukan mamah dedeh yang memang akan setia mendengarkan curhatan anda. Oleh karena itu, ketika anda membuat surat lamaran kerja atau pun CV, ada baiknya jika anda menggunakan kalimat-kalimat yang informatif serta jangan berbelit-belit, karena hal tersebut dapat membuat pihak HRD merasa bosan membaca CV anda. Pihak HRD hanya membutuhkan informasi terkait data diri anda, pengalaman serta kemampuan yang anda miliki. Dan mereka tidak akan pernah mempedulikan kisah anda saat anda masih berada di bangku sekolah atau pun saat anda bekerja di tempat yang lama.

Uraian diatas merupakan beberapa hal yang memang harus anda perhatikan dalam penulisan CV atau pun penulisan surat lamaran kerja. Selain penulisan CV yang tepat dan bagus, tentunya ada beberapa faktor lainnya yang bisa membuat anda diterima dalam bekerja di salah satu perusahaan yang anda lamar.


Sumber ; Tipkarir

1 Comments

Silahkan tinggalkan pertanyaan ataupun kritik dan sarannya dibawah ini.

Post a Comment
Previous Post Next Post